A. Tahap proses awal
- Pengembang/Developer menawarkan rumah kepada peserta Jamsostek (sebelumnya dikoordinasikan dengan Kantor Cabang PT JAMSOSTEK setempat) untuk konfirmasi perusahaan -perusahaan mana saja yang layak ditawarkan rumah. Atau Perusahaan/Koperasi Karyawan bersama tenaga kerja mencari sendiri lokasi perumahan dan Pengembang/Developer-nya.
- Apabila Perusahaan/Koperasi Karyawan dan tenaga kerja sepakat
atas penawaran rumah oleh Pengembang, maka Perusahaan/Koperasi karyawan
membuat SURAT PERMOHONAN PUMP (untuk memastikan adanya PUMP dari
PT.JAMSOSTEK) yang dilampiri antara lain :
- Formulir PUMP-1.
- Formulir PUMP-2.
- Formulir PUMP-3.
- Formulir PUMP-4.
- Surat Kuasa dari Pimpinan Perusahaan atau yang berwenang kepada
Koperasi Karyawan apabila yang mengajukan proposal PUMP dan
menandatangani Perjanjian PUMP adalah Koperasi Karyawan (dibuat sendiri
oleh Perusahaan) dan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku di
perusahaan.
Khususnya perusahaan asing/PMA. - Foto copy KPJ, KTP, Kartu Keluarga
- Kantor Cabang PT.JAMSOSTEK meneliti persyaratan dan kelengkapan proposal yang diajukan Perusahaan/Koperasi karyawan serta konfirmasi ulang kepada Perusahaan/Koperasi Karyawan atas pengajuan permohonan PUMP.
- Apabila permohonan PUMP memenuhi persyaratan maka Kantor Cabang
PT.JAMSOSTEK wajib membuat Surat Persetujuan Prinsip-Formulir PUMP-5
kepada Perusahaan /Koperasi Pekerja yang intinya agar menyampaikan copy
SP3K atau Bukti Akad Kredit apabila tenaga kerja yang mengajukan PUMP
dinyatakan lulus seleksi KPR-Per-Bankan serta meminta kelengkapan data
(apabila ada data yang perlu dilengkapi),
dan apabila permohonan PUMP dianggap tidak memenuhi persyaratan, maka Kantor Cabang PT. JAMSOSTEK membuat surat jawaban penolakan.
B. Tahap Proses Pencairan PUMP
- Setelah masing-masing tenaga kerja dinyaakan lulus
seleksi KPR-Perbankan, maka Perusahaan/Koperasi Karyawan menyampaikan
copy SP3K atau Bukti Akad Kredit, kepada Kantor Cabang PT.JAMSOSTEK.
- Lampiran I (Nama-nama tenaga kerja penerima PUMP)-Formulir PUMP 7a
- Lampiran II (jadual angsuran) - Formulir PUMP 7b
- Lampiran III (Daftar pemotongan angsuran PUMP)-Formulir PUMP 7c
Atas dasar penyampain copy SP3K atau Bukti Akad Kredit oleh Perusahaan/Koperasi Karyawan, maka Kantor Cabang PT.JAMSOSTEK melaorkan kepada Kantor Wilayah untuk ditetapkan lebih lanjut dengan Surat Penetapan PUMP-Formulir PUMP-6.
Kantor Wilayah membuat Surat Penetapan PUMP-Formulir PUMP-6 berikut Lampiran penetapan tenaga kerja yang mendapat PUMP - Formulir 6a untuk dikirim ke Kantor Cabang PT.JAMSOSTEK.
Atas dasar Surat Penetapan PUMP,
maka Kantor Cabang PT.JAMSOSTEK membuat dan menandatangani Perjanjian PUMP-Formulir PUMP-7 dengan Perusahaan/Koperasi Karyawan yang dilampiri:
Perusahaan/Koperasi Karyawan membayar angsuran PUMP sesuai jadual angsuran pada Lampiran II Perjanjian PUMP ke Rekening DPKP Kantor Wilayah dan copy bukti angsuran (bukti transfer) wajib disampaikan ke Kantor Wilayah dan Kantor Cabang PT.JAMSOSTEK setempat.
Kantor Cabang PT.JAMSOSTEK wajib membina dan memonitor kelancaran angsuran PUMP oleh Perusahaan/Koperasi Karyawan dengan meminta copy bukti transfer setiap bulan sampai lunas (meskipun angsuran ditransfer ke Rekening DPKP Kantor Wilayah atau Kantor Pusat).
Kantor Wilayah dan Kantor Cabang PT.JAMSOSTEK memelihara dan menyimpan dokumen (File) berkas Program PUMP masing-masing debitur.
Catatan : a. Bagi Pengembang anggota REI dan Perum Perumnas
diberlakukan : AKAD KREDIT b. Bagi Pengembang anggota APERSI
diberlakukan : SP3K
Tidak ada komentar:
Posting Komentar